gambar

TIPS MENCEGAH MAAG KAMBUH SAAT PUASA

Maag adalah gangguan pada organ lambung yang dirasakan sebagai sensasi penuh, terbakar. dan nyeri di ulu hati. Kondisi ini membuat penderita tidak nyaman terlebih jika kambuh saat sedang puasa. Ada beberapa tips untuk mencegah maag saat sedang menjalankan puasa agar puasa lancar yaitu :

1. Wajib makan sahur dan jangan tunda berbuka

Saat puasa, kamu akan mengalami perubahan jadwal makan. Makan tepat waktu di saat waktu berbuka dan sahur adalah kunci supaya maag tidak kambuh. Oleh karena itu, jangan terlambat berbuka atau melewatkan waktu sahur, ya. Walau mungkin sedang berada di jalan atau masih sibuk bekerja, tetaplah makan saat berbuka. Begitu pun jika kamu sangat mengantuk, sempatkanlah untuk makan sahur walaupun sedikit.

2. Pilih menu yang aman untuk lambung

Penderita maag dianjurkan untuk makan tepat waktu dengan menu makanan yang tidak berisiko memicu maag. Soalnya, kalau kamu abai dengan jenis makanan yang dikonsumsi, risiko maag kambuh akan semakin besar. Misalnya, untuk mencegah maag kambuh setelah puasa seharian, batasi makanan yang terlalu berminyak atau pedas serta jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah. Mulailah berbuka dengan segelas air putih diikuti dengan takjil sehat, seperti kurma, lalu dilanjutkan dengan makanan utama yang sehat dan bernutrisi. Pilihan jenis makanan yang bisa mendukung kesehatan saluran pencernaan antara lain tahu, tempe, susu kedelai, dan yogurt sebagai sumber probiotik.

3. Hindari makanan dan minuman pemicu maag

Selain mengetahui makanan yang sehat untuk saluran pencernaan dan bisa membantu mencegah maag kambuh saat puasa, kamu juga perlu menghindari makanan yang bisa memicu maag kambuh, ya.

Fast food, gorengan, dan makanan pedas merupakan makanan yang perlu dihindari oleh penderita maag karena bisa memicu kambuhnya maag. Tidak hanya makanan, beberapa jenis minuman, seperti minuman bersoda dan berkafein, juga sebaiknya tidak dikonsumsi segera setelah buka puasa atau saat sahur.

4. Hindari tidur setelah sahur atau berbuka

Tidur sesaat setelah sahur atau berbuka sering kali dilakukan oleh sebagian orang. Kebiasaan ini tidak baik karena bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung). Kondisi ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan sensasi terbakar pada dada dan kerongkongan. Bahkan, sebagian orang jadi susah untuk tidur karena kondisi ini. Walau sangat mengantuk, usahakan untuk memberi jeda antara waktu makan dengan waktu tidur, minimal 1–2 jam.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Cara mencegah maag kambuh saat puasa berikutnya adalah mengonsumsi makanan tinggi serat. Serat akan dicerna secara perlahan oleh tubuh sehingga dapat memperlambat pengosongan lambung. Dengan begitu, naiknya asam lambung selama berpuasa pun dapat dicegah.

6. Minum Banyak Air Putih

Pastikan tubuhmu tetap terhidrasi saat puasa. Minumlah minimal empat gelas air putih saat sahur dan dua gelas air putih saat berbuka puasa. Selain melancarkan pencernaan, air putih dapat meredakan gejala maag.

7. Konsumsi obat maag

Bila maag yang kamu alami sudah sangat mengganggu, kamu dianjurkan untuk minum obat maag seperti antasida yang bisa menetralkan asam lambung. Namun, supaya aman, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar obat yang akan dikonsumsi sesuai dengan kondisimu.

8. Tidur yang Cukup

Agar maag tidak kambuh saat puasa, pastikan kamu memiliki tidur yang cukup, ya. Waktu tidur diperlukan tubuh untuk memperbaiki diri. Salah satu yang dilakukan tubuh saat kamu tidur adalah memperbaiki lambung yang rusak akibat terkena asam lambung berlebih. Memiliki pola tidur yang tidak teratur, justru bisa mengurangi kesempatan tubuh memperbaiki kerusakan lambung. Potensi kambuhnya maag saat puasa pun ikut meningkat.

7. Jangan Merokok

Pengidap maag sebaiknya menghindari rokok. Merokok bisa merelaksasi katup sfingter dan mengiritasi saluran cerna. Sfingter adalah otot berbentuk cincin yang bertugas mencegah naiknya isi lambung ke kerongkongan, seperti makanan, minuman, dan asam lambung. Merokok dapat melemahkan sfingter sehingga memperbesar potensi naiknya asam lambung dan kambuhnya maag.

sumber :

https://www.alodokter.com/5-tips-mencegah-maag-kambuh-saat-puasa

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-maag-saat-puasa

https://www.klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/cara-mencegah-maag-kambuh-saat-puasa