gambar

OBAT LUKA BAKAR AKIBAT TERKENA AIR PANAS AGAR TIDAK MAKIN PARAH

Saat terkena air panas kulit biasanya akan melepuh. Jika tidak segera ditangani luka yang melepuh akibat terkana air panas ini akan terasa sangat sakit dan perih. Tingkat keparahan luka bakar akibat tersiram air panas bisa beragam, tergantung dari lokasi dan luasnya area kulit yang terdampak. Oleh sebab itu penggunaan obat pada area kulit terbakar sebaiknya tidak sembarangan. Ada beberapa obat salep luka bakar yang bisa anda gunakan yang bisa dengan mudah di dapatkan di apotek.

Rekomendasi salep untuk luka tersiram air panas

Salep luka bakar sebaiknya digunakan setelah melakukan tindakan pertolongan pertama.Berikut beberapa pertolongan pertama yang harus dilakukan :

  • Siram kulit dengan air yang mengalir kurang lebih 20 menit untuk mendinginkan luka bakar. Hindari mengompres luka menggunakan es atau air es ataupun mengoleskan bahan berminyak kekulit seperti mentega
  • Jika ukuran luka bakar lumayan besar jangan berendam di air dingin karena dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh secara drastis dan memperparah luka bakar.
  • Tutup luka bakar dengan perban atau kain bersih dan lembab. Anda juga bisa menggunakan plastik pembungkus makanan transparan yang elastis dan bersih untuk menutupi luka. Jika tidak ada anda bisa menggantinya menggunakan plastik transparan biasa.
  • Tinggikan area yang terkena air panas agar lebih tinggi daripada jantung. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat luka bakar.

Berikut adalah berbagai jenis salep luka bakar untuk membantu proses penyembuhan

1. Bioplacenton Jelly

gambar bioplacenton obat luka bakar

Bioplacenton adalah obat luka bakar yang mengandung Extract Placenta dan bahan aktif Neomycin sulfate. Kombinasi kedua kandungan ini bekerja dengan mendorong pembentukan jaringan baru sekaligus mencegah atau mengatasi infeksi bakteri.

2. Betadine antiseptic ointment

gambar betadine antiseptic ointment

Menggunakan betadine antiseptic ointment sebagai salep untuk luka bakar bisa mencegah terjadinya infeksi karena mengandung povidone iodine, yaitu antiseptic yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain digunakan sebagai obat luka bakar, salep ini bisa juga digunakan untuk masalah kulit lainnya seperti luka sayatan, luka garukan, dan lecet.

3. Dermatic Ultra

gambar dermatix ultra obat luka tersiram air panas
dermatix ultra mengandung bahan aktif gel silikon dan vitamin C ester yang berungsi untuk menyembuhkan, meratakan, menghaluskan, serta memudarkan bekas luka termasuk luka bakar.

4. Salep Burnazin

gambar salep burnazin

Luka bakar karena tersiram air panas, minyak, atau setrika dapat diatasi dengan salep ini karena mengadung zat aktif silver sulfadiazine. Salep ini membantu menyembuhkan luka bakar dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran infeksi ke area kulit di sekitarnya. Akan teteapi salep ini dapat menyebabkan area luka yang diolesi menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

5. Nabecentin Ointment

gambar salep nabecentin

Salep ini mengandung antibiotik yang berguna untuk menghentikan, mencegah, dan mengobati infeksi kulit yang di sebabkan bakteri. Sementara untuk luka bakar serius penggunaan obat ini kurang direkomendasikan.

6. Mebo Oint


gambar salep mebo

Salep ini di gunakan untuk luka bakar ringan atau goresan karena mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak akar mangkokan, ekstrak coptidis, dan ekstrak kulit chinensis phellodendri. Salep ini tergolong obat bebas sehingga tidak perlu resep dokter untuk menggunakannya. Efek samping dari penggunaan salep ini seperti kulit menjadi kemerahan, gatal, dan kering pada kondisi tertentu.

7. Bionect Cream

gmbar bionect cream

Bionect adalah obat sediaan krim yang mengandung hyaluronic acid 0,2% sebagai komposisi utamanya. Senyawa tersebut dapat mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga mempercepat penyembuhan luka bakar. Sedangkan untuk mengurangi bekas luka, anda bisa mencampurkan salep ini dengan mengkonsumsi vitamin E secara teratur sehingga penyembuhan menjadi lebih maksimal.


Itulah berbagai salep yang bisa anda gunakan untuk luka tersiram air panas yang wajib anda ketahui. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk penambah wawasan dan pengetahuan kita.

referensi :

https://www.farmaku.com/artikel/jenis-salep-untuk-mengatasi-luka-tersiram-air-panas/

https://www.alodokter.com/5-obat-kena-air-panas-agar-luka-tidak-makin-parah