gambar

MENJAGA KESEHATAN IBU HAMIL DAN JANIN

Ibu hamil dianjurkan untuk lebih memperhatikan kesehatannya mulai dari sebelum hamil, selama hamil, dan setalah melahirkan hingga menyusi. Berikut beberapa cara berikut perlu dilakukan untuk membantu menjaga kesehaatan ibu hamil :

1. Makan makanan bergizi
Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan ibu hamil. Makan makanan bergizi dapat membantu menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil tetap sehat.
Selain itu dengan memakanmakan yang bergizi ibu hamil akan cenderung terhindar dari depresi saat hamil. Pasalnya makanan bergizi membantu menstabilkan mood ibu sepanjang kehamilan. Makan makanan yang bergizi sejak kehamilan muda juga membantu mempersiapkan kesehatan ibu hamil secara maksimal menjelang persalinan.
Makanan bernutrisi yang wajib dikonsumsi agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga adalah :
  • Makanan berprotein, seperti telur yang dimasak matang, dada ayam, gandum utuh
  • makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, dan stroberi
  • makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti susu yang di pasteurisasi dan sayuran berwarna hijau
  • makan kaya zst besi, seperti brokoli dan kacang-kacangan
  • makanan yang mengandung lemak sehat, misalnya ikan salmon dan alpukat
  • makanan yang mengandung asam folat, seperti kuning telur dan bayam

Sedangkan makanan yang harus dihindari antara lain :

  • daging setengah matang
  • jeroan hewan
  • makan cepat saji yang tinggi lemak trans
  • ikan yang mengandung merkuri seperti ikan tuna. ikan makarel. dan ikan pedang

2. Minum vitamin prenatal

Minum vitamin prenatal dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil sebagai salah satu usaha dalam menjalani pola hidup sehat. Vitamin hamil pada umumnya mengandung asam folat dari vitamin A. Asam folat berperan pendting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Vitamin ini baiknya diminum mulai sejak sebelum hamil. Konsultasikan dengan dokter tentang vitamin prenatal apa yang benar-benar anda butuhkan.

3. Olahraga rutin

Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat oto, dan mengurangi stres saat hamil. Olahraga juga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Usahakan menyempatkan waktu 30 menit setiap hari untuk olahraga demi kebaikan ibu hamil.

4. Berhenti merokok dan minuman beralkohol

Demi menjaga kesehatan ibu hamil dan lendungannya., hindari merokok dan minum minuman beralkohol karena dapat meningkatkan risiko keguguran. Kebiasaan buruk ini juga meningkatkan risiko bayi lahir prematur, lahir mati, kahir cacat, atau lahir dengan berat badan rendah.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Ibu yang punya berat badan normal sebelum hamil disarankan untuk menaikkan berat badan hingga 11.5-16 kg selama hamil. Sementara jika kurus harus si tambah 13-18 kg selama hamil. Kenaikan berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan bayi.

Namun bukan berarti ibu hamil bisa makan sebanyak-banyaknya. frekuensi waktu, porsi, dan jenis makanan harus benar-benar di perhatikan agar tidak sampai kelebihan berat badan dan mengganggu kesehatan ibu hamil.

6. Cukup minum air putih

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dianjurkan minum air putih cukup setiap hari. Asupan cairan yang mencukupi membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke tubuh termasuk ke dalam rahim untuk diterima janin. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga membantu mencegah berbagai macam masalah kesehatan seperti dehidrasi, kelelahan, anemia, dan sembelit.

7. Rajin cuci tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun adalah keiasaan yang wajib dilakukan ibu hamil saat menerapkan pola hidup sehat. Rajin mencuci tangan dapat membantu memunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit yang rawan menyerang selama kehamilan. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan tak hanya pada ibu hamil tetapi juga janin.

8. Istirahat yang cukup

Salah satu bagian penting pola hidup sehat adalah istirahat yang cukup. Namun kebanyakan ibu hamil lebih mudah tidur di siang hari dan sulit tidur di malam hari akibat peruahan hormon. Hal ini membuat ibu hamil jadi kurang tidur akibat jadwal tidur yang tidak menentu. Kurang tidur selama kehamilan dapat dikaitkan dengan komplikasi seperti preeklampsia dan risiko lahir caesar. Solusinya tidurlah begitu anda merasa capek dan ngantuk.

Menurut American Pregnancy Association ada bebrapa hal yang bisa dilakukan agar ibu hamil tidur cukup agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga :

  • Mencoba posisi tidur baru
  • Sebelum tidur coba mandi air hangat dan minta pasangan untuk memijat tubuh anda yang pegal
  • Atur suhu ruangan dan cahaya di kamar senyaman mungkin
  • Coba teknik relaksasi
  • Baca buku, makan makanan kecil seperti buah atau susu hangat agar segera mengantuk
  • Berolahraga secar teratur agar leboh mudah tidur malam

9. Hindari stres berlebih

Alasan kenapa tidur sangat penting karena dapat meredakan stres. Selain tidur bisa dilakukan dengan curhat dan mengeluarkan uneg-uneg kepada pasangan agar semua beban pikiran berkurang. Setelahnya anda bisa mencoba teknik pernapasan dalam atau meditasi untuk menghilangkan stress. Yoga saat hamil juga sama baiknya untuk membunuh rasa penat. Sempatkanlah melakukan hal-hal yang anda suka untuk mengurangi stress, Jika stress anda tak tertahankan, carilah psikolog untuk membantu anda mencari masalah dan menyelesaikannya.


Sumber :

https://pusk-pleret.bantulkab.go.id/health-informations/tips-menjaga-kesehatan-ibu-hamil-dan-janin-dalam-kandungan

https://www.halodoc.com/kesehatan/kesehatan-ibu-hamil