gambar

MANFAAT PUASA MENURUT ILMU KESEHATAN

Pada bulan Ramadhan, umat islam menjalankan ibadah puasa ramadhan selama kurang lebih 30 hari. puasa menurut syariat islam berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan mulai dari terbit matahari hingga terbenamnya yang di sertai dengan niat menjalankan ibadah puasa. Perlu diketahui pula bahwa puasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat puasa menurut ilmu kesehatan? mari kita bahas bersama

  1. Mengontrol gula darah, puasa dapat membantu mengurangi resistensi serta kadar gula darah berlebih. Hal ini dapat terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.
  2. Mengurangi peradangan, saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain. Untungnya puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung, puasa juga baik untuk kesehatan jantung. Mengubah pola makan (puasa) dan gaya hidup merupakan cara untuk mengurangi resiko penyakit jantung.
  4. Meningkatkan fungsi otak, tidak hanya menjaga kesehatan jantung, puasa juga dipercaya mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan fungsi otak.
  5. Menurunkan berat badan, puasa mempunyai manfaat yakni dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter neropinefrin yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.
  6. meningkatkan hormon pertumbuhan, puasa tidak hanya dapat mrnurunkan berat badan,  tetapi juga mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan hormon pertumbuhan. Salah satunya yakni meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot.
  7. mencegah kanker, dengan kita berpuasa dapat membantu sel tubuh membersihkan diri melalui proses yang disebut autologi.
  8. Meningkatkan regenerasi sel, seiring bertambahnya usia sel-sel jahat dapat berkembang biak di seluruh tubuh tanpa pengawasan dan jaringan yang rusak ini turut berperan terhadap penyakit progresif. Manfaat puasa untuk kesehatan membuat tubuh mendaur ulang sel, suatu proses pencernaan sendiri pada tingkat sel yang di sebut autophagy. Tapi tidak hanya mencerna lemak untuk mengisi bahan bakar,  tubuh juga menargetkan sel-sel yang rusak dan jaringan tua untuk mengoptimalkan sumber daya untuk bertahan hidup.
  9. Mengurangi produksi protein berbahaya, Ada banyak protein dan produk metabolisme yang menyebabkan peradangan, terutama di otak. Puasa dan membatasi kalori dapat menghambat produksi radikal bebas dan protein yang mengiritasi seperti sitokin inflamasi.
  10. Menyehatkan kulit, Diet penting untuk penampilan kulit Anda, tetapi puasa juga dapat meningkatkan karakter kulit Anda. Gula darah tinggi mengubah struktur kolagen, melemahkan kekuatan dan ketahanannya. Karena berpuasa secara substansial menurunkan gula darah, Anda dapat menganggapnya sebagai bagian normal dari rutinitas perawatan kulit untuk memcegah penuaan.
  11. Meningkatkan fungsi organ tubuh, Manfaat berpuasa untuk kesehatan ini akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.
  12. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular, Ini adalah salah satu manfaat puasa yang utama, terutama bagi orang yang memiliki masalah kesehatan terkait sindrom metabolik, yang memiliki banyak manfaat terhadap kardiovaskular secara langsung. Berpuasa dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular, komposisi darah, dan tekanan darah. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 atau kolesterol tinggi mungkin bisa menjalani puasa untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan terkait.

Tidak hanya dari sisi kesehatan, puasa memiliki manfaat pada sisi psikologis. Rani (2015), puasa dapat mengubah pikiran menjadi tenang, damai, dan bahagia, mengurangi rasa takut dan agresif, puasa dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Rahman (2018), menyebutkan manfaat puasa dari sisi psikologis, yakni puasa menumbuhkan rasa empati dan simpati, puasa mematangkan kecerdasan emosional, memberikan mood positif bagi yang menjalankannya.


referensi :

  1. Website https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/158/apa-saja-manfaat-berpuasa
  2. Website https://dinkes.sumutprov.go.id/artikel/15-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-tubuh