gambar

MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA ASAM URAT DAN KOLESTEROL

Asam urat dan kolesterol merupakan gangguan kesehatan yang umumnya saling terkait. Jika anda memiliki kolesterol tinggi kemungkinan menderita asam urat juga tinggi. Untuk itulah penderitanya harus mengontrol kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh dan menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu asam urat dan kolesterol.

Penyakit asam urat merupakan radang sendi yang ditandai dengan rasa nyeri, bengkak, dan kaku pada sendi terutama di jempol kaki. Penyakit ini disebabkan oleh pembentukan kristal di dalam jaringan tubuh, karena tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat.

Kombinasi antara faktor keturunan, hormon, dan konsumsi makanan tertentu diduga menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit asam urat. Namun ada pula penyakit yang dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat salah satunya kolesterol.

Penyakit asam urat dan kolesterol sama-sama dipicu oleh konsumsi makanan dan minuman tertentu. Oleh karena itu anda perlu mengetahui makanan dan minuman apa saja yang harus di hindari agar tidak memicu asam urat dan kolesterol bagi anda yang di diagnosis menderita penyakit tersebut.

Makanan dan minuman pantangan

Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu penyakit asam urat dan kolesterol :

1. Gorengan, makanan yang di goreng seperti ayam goreng hingga aneka gorengan mengandung kolesterol tinggi sehingga harus dihindari. Gorengan sarat dengan kalori dan dapat mengandung lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan merusak kesehatan. Terlebih lagi mengkonsumsi gorengan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas dan juga diabetes

2. Beberapa jenis sayur dan kacang-kacangan, ada beberapa sayuran yang dapat memicu asam urat seperti bayam, asparagus, jamur kuping, bunga kol, kol, daun pepaya, buncis dan daun singkong yang kaya akan kandungan purin. Kacang-kacangan seperti melinjo, kacang hijau, kacang kering, kacang tanah dan toge juga mengandung banyak purin. Sehingga bagi penderitanya sebaiknya menghindari konsumsi janis dayur dan kacang-kacangan tersebut.

3. Daging merah, berbagai jenis daging merah memiliki kandungan purin dan kolesterol yang tinggi. Jika terap ingin dikonsumsi sebagiknya buanglah lemak yang menempel pada daging. Untuk pilihan yang lebih aman, anda dapat mengkonsumsi daging putih seperti daging ayam. Namun anda tetap disarankan untuk membuang kulit dan di oleh dengan cara tidak di goreng.

4. Minuman beralkohol, asam urat dan kolesterol akan menyebabkan masalah yang berat jika anda rutin mengkonsumsi alkohol karena minuman beralkohol dapat menyebabkan produksi asam urat dalam tubuh meningkat.

5. Jeroan, seperti ampela, babt, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak dapat memicu asam urat dan kolesterol karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Purin adalah senyawa kimia tertentu yang ada di dalam makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika di pecah dalam tubuh. Jeroan juga dapat memicu reumatik asam urat.

6. Makanan laut (seafood), seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna dan kerang mengandung purin yang tinggi. Lobster juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga perlu dihindari penderita asam urat dan kolesterol.

7. Minuman manis, makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dan fruktosa dapat memperburuk penyakit asam urat. Contoh minuman yang memiliki fruktosa tinggi adalah sirup jagung.

Pencegahan dan penanganan darurat asam urat dan kolsterol

Selain melakukan tindakan pencegahan dengan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu asam urat dan kolesterol berikut ada bebrapa pengobatan rumahan yang dapat meredakan sakit jika sewaktu-waktu kambuh yaitu :

1. Konsumsi obat pereda sakit

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve) dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan asam urat.

2. Salep tropikal

Salep topikal yang mengandung capsaicin atau bahan menenangkan lainnya (seperti aspercreme, Icy Hot) dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan saat dioleskan pada area yang bengkak.

3. Mengompres dengan Es

Salah satu cara alami yang paling mudah untuk mengurangi peradangan pada serangan asam urat adalah dengan mengoleskan es ke daerah yang terkena.

4. Minum banyar air

Minum banyak air dapat memungkinkan meredakan pembengkakan akibat asam urat. Soalnya air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat yang berlebih.

Itulah beberapa penjelasan tentang makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari bagi penderita asam urat dan kolesterol serta cara mengatasinya. Semoga bisa membantu para penderita dan kami doakan semoga lekas sembuh.

Rreferensi

https://www.halodoc.com/artikel/5-daftar-makanan-dan-minuman-pantangan-asam-urat