gambar

ENDOMETRIOSIS PADA WANITA

Pengertian

Endometriosis adalah suatu gejala yang ada pada sistem reproduksi wanita. Kondisi tersebut menyebabkan jaringan dari lapisan dinding rahim tumbuh diluar organ rahim sehingga dapat memicu timbulnya rasa sakit yang tak tertahankan. Selain itu penyakit ini juga dapat mengganggu kesuburan wanita pada saat fase menstruasi. Jika hal ini tidak segera di tangani dapat mengakibatkan komplikasi dan juga dapat mempengaruhi proses program kehamilan.

Tanda-tandanya

Tanda-tanda dari penyakit endometriosis ini adalah rasa nyeri di bagian bawah perut saat menstruasi. Adapun tanda-tanda lain yang biasa terjadi sebagaiĀ  berikut :

  1. Nyeri yang terasa menjalar dari perut bagian bawah, punggung, dan kaki
  2. Kram dan bisa di sertai dengan mual muntah ataupun diare
  3. Mengalami masalah saat buang air
  4. Mengalami masalah pencernaan seperti sembelit
  5. Infertilitas atau gangguan kesuburan

Jika anda memiliki tanda-tanda seperti diatas segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikan apakah anda terkena endrometriosis atau tidak.

Penyebab

Penyebab utama endometriosis masih belum di ketahui. Namun diduga karena faktor genetik. Beberapa kondisi yang diduga jadi penyebab endometriosis adalah :

  1. Menstruasi Retrograde, adalah kondisi ketika darah mens tidak mengalir keluar tubuh melalui vagina tetapi berbalik arah dan masuk le rongga panggul melalui saluran indung telur (Tuba falopi)
  2. Salah satu anggota keuarga memiliki riwayat endrometriosis
  3. Pernah mengalami infekti pelvis, yaitu suatu infeksi yang menyerang organ reproduksi wanita dimana serviks (leher rahim), uterus (rahim), tuba falopi (saluran indung telur), dan ovarium (indung telur) terjangkit infeksi
  4. Memiliki kelainan pada rahim
  5. Mengalami menstruasi pertama sebelum berusia 12 tahun
  6. Bentuk abnormal pada rahim, leher rahim, atau vagina yang menghambat atau memperlambat menstruasi
  7. Operasi, prosedur seperti operasi SC dan histerektomi dapat menyebabkan sel endometrium menmepel di area bekas sayatan sehingga terjadi endometriosis
Pengobatan

Karena sampai saat ini kondisi ini belum diketahui maka pengobatan untuk mengatasi endometrisis secara akurat juga belum bisa ditentukan. pengobatan yang ada umumnya hanya untuk meringankan gejala, memperlambat pertumbuhan jaringan abnormal endometrium, meningkatkan kesuburan, serta mencegah kambuhnya gejala. berikut ada beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasi penyakit ini :

  1. Minum obat pereda nyeri
  2. Terapi hormon
  3. Operasi endometriosis

Sebelum anda memilih pengobatan apa yang akan anda lakukan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menghindari kemungkinan komplikasi yang terjadi.

referensi :

  1. https://bunda.co.id/artikel/kesehatan/endometriosis-pada-perempuan/
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/kenali-radang-panggul-penyakit-yang-menyerang-organ-reproduksi
  3. https://www.alodokter.com/endometriosis/penyebab