gambar

CARA AMPUH MEREDAKAN PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Apakah kamu pernah menglami rasa terbakar dibagian dada, mulut terasa asam, atau sering bersendawa sesudah maupun sebelu makan?? ini bisa jadi indikasi adanya penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit ini disebabkan oleh melemahnya katup kerongkongan bawah (lower esophageal sphincter (LES)). Otot ini bertugas untuk membuka dan menutup katup kerongkongan. Saat kita sedang makan maka otot akan mengendur agar makanan bisa masuk dari kerongkongan ke dalam lambung dan menutup saat makanan sudah turun ke lambung.

Meskipun pada umumnya penyakit asam lambung ini menyerang lansia, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang mereka di usia prosuktif. Lalu bagaimana cara untuk meredakan penyakit asam lambung ini??

1. Berhenti merokok

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk meredakan penyakit asam lambung ini adalah dengan berhenti merokok. kebiasaan merokok dapat memicu asam lambung karena :

  • merusak selaput lendir
  • mencegah katup kerongkongan bawah bekerja dengan baik
  • memperlambat atau mencegah refleks otot di tenggorokan
  • memicu perut untuk membuat lebih banyak asam
  • mengurangi air liur yang dapat menetralkan efek asam

2. Makan dengan porsi sedikit

Bagi kalian yang menderita penyakit asam lambung hindari makan makanan dalam porsi besar. Sebagai gantinya makanlah secara perlahan dengan porsi kecil. Makan dalam porsi besar bisa membuat lambung terisi penuh dan menekan diafragma. Lambung yang terisi penuh juga bisa memicu makanan kembali naik ke kerongkongan.

3. Hindari makan junk food

Bila ingin meredakan penyakit asam lambung perlu untuk memperhatikan pola makan. Salah satunya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti junk food. Pasalnya, makanan ini kaya akan lemak yang diduga dapat mengendurkan katup kerongkongan bawah, sehingga asam lambung bisa keluar dari lambung ke kerongongkangan.

Selain itu, makanan yang banyak mengandung lemak juga dapat merangsang pelepasan hormon cholecystokinin. Hormon in idapat mengendurkan katup kerongkongan bawh dan menyebabkan refluks asam lambung.

4. Jangan berbaring/tiduran setelah makan

Banyak pengidap asam lambung yang kumat setelah makan. Karena selain porsi dan jenis makanan, kondisi ini juga bisa di picu oleh kebiasaan tertentu seperti berbaring atau tiduran setelah makan. Hati-hati kebiasaan inni bisa membuat asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Oleh sebab itu sebaiknya tunggu setidaknya 3 jam setelah makan sebelum berbaring atau tiduran.

5. Hindari menggunakan pakaian ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat dapat membrikan tekanan pada perut dan sfingter esofagus baian bawah sehingga memicu kumatnya asam lambung.

6. Hindari makanan dan minuman bersoda

Makanan dan minuman bersoda dapat membuat penyakit asam lambung semakin parah. Sebaiknya hindari makanan seperti pisang ambon, sawi, kedondong, buah yang dikeringkan, nangka, sayur kol, hingga minuman bersoda. Selain itu pula makanan lainnnya yang bisa memicu asam lambung seperti coklat, bawah merah atau putih, mint, atau saus tomat.

7. Menjaga berat badan ideal

Orang yang menderitas obesitas rentan mengalami penyakit asam lambung. Berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan pada perut atau mendorong perut, sehingga membuat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk menghindari kambuhnya penyakit asam lambung. Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil yang maksimal, cobalah tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.